Wednesday, April 15, 2009

Innovate We Can!

    by Avanti Fontana

    Management - Innovation Management

    316 pages

    2009

 

 

 

“Buku ini baik dalam menginspirasi kita semua, bahwa inovasi wajib untuk terus-menerus dilakukan sesuai dengan needs, wants, demands target market yang dituju, dan tentunya dalam melakukannya harus diatur…” (Bryan Tilaar, Direktur Utama PT. Martina Berto, Martha Tilaar Group)

 

”Inovasi merupakan salah satu penunjang penting di dalam pengembangan usaha dan memastikan usaha yang berkesinambungan. Oleh karena itu, upaya Avanti Fontana untuk menyajikan buku Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai memberi kontribusi berharga bagi dunia bisnis yang membutuhkan inovasi pada era krisis dewasa ini dan masa post-bubbling economy.” (Putri K. Wardani, Wakil Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk)

 

”Dalam era krisis dan transisi menuju era post-bubbling, individu, oraganisasi, dan komunitas, serta pemerintah perlu melakukan inovasi dalam setiap aktivitas – menciptakan nilai bagi kepentingan yang lebih besar. Paradigma pembangunan inovasi Indonesia yang tidak sebatas invensi, tetapi hingga menghasilkan nilai sosial dan ekonomi perlu diangkat. Buku ini perlu menjadi referensi para pemimpin Negara, anggota legislatif, dan semua pihak yang mau berkontribusi bagi Indonesia baik di lembaga-lambaga pemerintahan maupun swasta.” (Phillip Gobang, Pengamat Pembangunan Sosial Politik Indonesia, Center for Innovation Studies)

 

Satu hal yang pasti, beli buku ini ngga rugi. Dengan harganya yang cuma 90rb kita sudah dapat ilmu dan wawasan mengenai konsep inovasi dan berinovasi. Buku ini cocok untuk para manajer dan atasan juga mereka para calon manajer ataupun mereka yang mengejar posisi manajer, namun jika dibaca lebih dalam buku ini sebenarnya cocok bagi mereka yang ingin maju, ingin sukses, dan ingin turut membangun bangsa ini kearah yang lebih baik.

Avanti berhasil menguraikan satu persatu isi bab dengan detail sehingga kita tahu step step dalam berinovasi, mulai dari idenya, perencanaannya, pengerjaannya, pemasasarannya, hingga kegunaannya bagi masyarakat luas secara ekonomi maupun sosial. Secara bahasa buku ini memang bukan sekedar buku ngemang-ngemeng, buku ini jelas berbobot dan ngga mungkin cukup hanya dipahami hanya dalam waktu dua-tiga hari. Tapi sangat worth it untuk dibeli dan dibaca. If you think that you are one of our future leaders, buy it.

Bagian yang paling saya suka tentu saja bagian akhir, mengenai inovasi di Indonesia. Bagian terakhir ini seolah membuka mata saya mengapa Indonesia yang sebegitu kayanya akan sumber daya alam dan manusia ini masih disini-sini saja. Ada apa dengan inovasi di Indonesia? Kalau kamu tertarik untuk turut membenarkan bangsa ini, then go on, buy, read, and implement you ideas for a better future J

 

Rating: 4 dari 5

 

No comments:

Post a Comment